Jurnal

Publikasi karya ilmiah merupakan keniscayaan untuk terus diperkukuh di dunia akademik (Perguruan Tinggi). Karena tanpa publikasi sebuah pemikiran dan aktivitas ilmiah, kurang memberikan dampak luas kepada halayak yang patut untuk membacanya dan memanfaatkanya. Hal tersebut merupakan merupakan wujud tanggung jawab ilmiah perguruan tinggi sebagai rahim bersemainya ide, gagasan, dan solusi dalam perkembangan pendidikan dan sosial kemasyarakatan.

Sebagai tanggung jawab ilmiah tersebut dalam perkembangan bidang penelitian dan kajian ke-Islam yang akhir-akhir ini makin tumbuh, baik yang berkenaan dengan penyelesaian tugas akdemik maupun yang berkenan dengan pelaksanaan kompetensi dosen. Kenyataan ini, niscaya memerlukan perhatian khusus dari penyelenggarara dan pengelola Perguruan Tinggi, sehingga dapat memperkukuh misi ilmiah Perguruan Tinggi.

Salah satu wadah untuk publikasi karya ilmiah tersebut adalah dengan diterbitkannya jurnal atau media berkala ilmiah yang memuat berbagai artikel atau tulisan ilmiah di berbagai institusi-institusi perguruan tinggi. Berangkat dari pemikiran-pemikiran di atas, Jurnal Fokus STAIN Curup sebagai wadah publikasi ilmiah, menghadirkan artikel-artikel hasil penelitian dan kajian ke-Islaman baik literatur maupun kajian  lapangan yang disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan.

Beberapa sampel jurnal yang ada di STAIN Curup.

Disain Pendidikan Islam – Sugiatno

Analisis Kemampuan Sosiolinguistik Dosen-Dosen Speaking – Leffi Noviyenty

Aplikasi Pendidikan Islam dalam Pembinaan Keluarga – Sri Rahmaningsih

Efisiensi Penyelenggaraan Pendidikan – Arsil

Pembentukan Boundary Objek Pada Citra Digital Menggunakan Active Contour Models – Yuyun Yumiarty

Fokus Pemanfaatan WordPress – Wandi