KKPM

Kuliah Kerja Pengabdian Masyarakat (KKPM) dilaksanakan Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) STAIN Curup. Kuliah Kerja Pengabdian Masyarakat merupakan kegiatan intrakurikuler yang memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan bekerja bersama dengan masyarakat. KKPM yang dilakukan oleh mahasiswa bukan berarti mengajar masyarakat tentang sesuatu yang terbaik untuk mereka, tetapi melakukan pemberdayaan sebagai sebuah proses pencarian (research) yang dilakukan bersama-sama untuk mencari jalan terbaik da­lam penyelesaian persoalan yang mereka hadapi. Maha­siswa melakukan tugas pendampingan terhadap apa yang dibutuh­kan oleh masyarakat dalam menghadapi problem sosial yang ada di tengah-tengah mereka.
Selama ini, kegiatan KKPM diprogramkan sebagai proses pembelajaran hidup bermasyarakat (pengabdian), karena Perguruan Tinggi  dipandang sebagai menara gading dan ilmunya kurang mem­bumi. Dalam kondisi demikian ini, orientasi program KKPM lebih berkisar pada:
(1) pelayanan masya­rakat, sehingga tidak mampu membangkitkan semangat dan menyadarkan masya­rakat untuk melakukan perubahan atas problem yang mereka hadapi,
(2) pelayanan un­tuk menyelesaikan berbagai peker­jaan di kantor pemerintah desa,
(3) konsep kegiatan yang diajukan bersifat monolitis, sepihak, dan bersifat top down, karena mahasiswa menggali dan menye­lesaikan masalah sendiri untuk masyarakat,
(4) mahasiswa menempatkan diri sebagai pro­blem solver dalam menjawab berbagai problem so­si­al,
(5) ma­syarakat dijadikan sebagai objek kegiatan,
(6) hanya bersi­fat for­ma­litas yang cenderung ke arah seremonial akademik se­ma­ta, dan,
(7) hasil kegiatan hanya berujud laporan kegiatan, bukan laporan riset akademik.
Visi :
Mewujudkan Kuliah Kerja Pengadian Masyarakat berbasis realitas, untuk mendampingi, mengorganisir dan menggerakkan masyarakat yang berorientasi transformatif dalam bidang sosial agama dan pemberdayaan masyarakat.
Misi :

  1. Terwujudnya praktik kehidupan keberagamaan yang mencerahkan
  2. Terwujudnya kesadaran bersama masyarakat untuk melakukan aksi perubahan sosial bersama menuju  kemandi­rian dan pembebasan.

Tujuan :

  1. Mengupayakan terwujudnya praktik keberagamaan yang mampu memberikan pencerahan terhadap praktik kehidupan sosial keagamaan masyarakat.
  2. Me­ning­katkan kemampuan (capacity building) sumber daya manusia (SDM) da­lam memenuhi kebutuhan masyarakat dan memecahkan pro­blem sosial bersama-sama masyara­kat dalam rangka me­ningkatkan kesejahteraan sosial, pencerahan, pembebasan, dan kemandirian.

Sasaran :

  1. Mahasiswa
  2. Masyarakat
  3. STAIN Curup
  4. Pemerintah Daerah

IMG_0686

IMG_0680

Foto0060

Foto0076