PROFIL

Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M) STAIN Curup Adalah lembaga pengabdian pada masyarakat yang dilakukan oleh dosen atau kelompok dosen dan mahasiswa STAIN Kudus sebagai pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi.

P3M STAIN Curup memiliki program-program penelitian dan pengabdian pada masyarakat yaitu kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai salah satu kegiatan rutin, selain itu P3M juga melibatkan dosen dalam mendharma baktikan dirinya pada masyarakat untuk meningkatkan pengembangan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan Dosen dan Mahasiswa dalam mensosialisasikan standarisasi pemenuhan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang menjadi rujukan dan pedoman kegiatan penelitian dan pengabdian bagi Dosen maupun Mahasiswa dalam bentuk karya ilmiah, jurnal, artikel dll. dan dikirim kepada Jurnal terakreditasi maupun terdaftar pada skala regional, Nasional maupun Internasional. Dalam menjalankan program-program tersebut, P3M juga menjalin kerjasama antar perguruan tinggi dan/atau institusi-institusi diluar baik di dalam maupun di luar negeri;

Visi dan Misi
Visi : Penelitian Orisinil Untuk Pengabdian Real

Misi : – Mewujudkan penelitian yang aktual, kompetitif dan inovatif
– Menjadikan pusat pelaitihan yang kreatif dan berkesinambungan
– Mitra terpecaya dalam menyelenggarakan pelayanan dan pengabdian masyarakat.

Fungsi dan Tugas Pokok
1. Pengertian

Tugas Pokok dan Fungsi (TUPOKSI) merupakan susunan tanggung jawab yang diemban oleh sebuah lembaga yang harus diselenggarakan dengan baik, untuk mencapai Akuntabilitas Kinerja Publik yang akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan.

2. Tugas Pokok dan Fungsi

Berdasarkan Peraturan Akademik STAIN Bukittinggi Bagian Kedelapan Pasal 31, 32 dan 33 bahwa Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) STAIN Bukittinggi memiliki tugas-tugas pokok sebagai berikut:

a. Tugas Perencanaan

Tugas Perencanaan pada Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) STAIN Bukittinggi meliputi:

Perencanaan Program Keamanan dan Rancangan Anggaran Biaya (RAB) Tahunan Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) STAIN Bukittinggi setiap tahunnya yang dipresentasikan dan dibahas pada Rapat Kerja Pimpinan (Rakerpim) STAIN Bukittinggi yang diadakan di akhir setiap tahunnya.
Perencanaan Kegiatan dalam bentuk pembuatan proposal kegiatan
Perencanaan Desain umum kegiatan
Perencanaan Evaluasi program
b. Tugas Pelaksana dan Koordinasi

Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) STAIN Bukittinggi memangku tugas sebagai pelaksana dan koordinator pelaksanaan program kerja tahunan bidang penelitian, penerbitan ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat.

c. Tugas Pemantauan dan Evaluasi

Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) STAIN Bukittinggi memiliki tanggung jawab melakukan pemantauan dan evaluasi setiap kegiatan penelitian, penerbitan dan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan. Hasil pemantauan dan evaluasi disajikan dalam bentuk Laporan Akuntabilitas Kinerja Publik (LAKIP).